Dinas Ketahanan Pangan

Tugas Pokok & Fungsi

KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Utara dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2016 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara dan ditindaklanjuti dengan penerbitan Peraturan Bupati Lampung Utara Nomor 42 Tahun 2016 tentang Struktur Organisasi Dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara serta Peraturan Bupati Lampung Utara Nomor 49 Tahun 2017 Tentang Uraian Tugas, Fungsi Dan Tata Kerja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Utara.

Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Utara adalah:

  • Dinas Ketahanan Pangan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan
    yang menjadi kewenangan daerah dan tugas perbantuan di bidang ketahanan pangan y
    ang menjadi kewenangan daerah dan tugas perbantuan di bidang ketahanan pangan.
  • Dinas Ketahanan Pangan menyelenggarakan fungsi :
  1. Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas perbantuan di bidang ketahanan pangan perumusan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan.
  2. Pelaksanaan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman Konsumsi dan keamanan pangan.
  3. Koordinasi penyediaan infrastuktur dan pendukung di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan.
  4. Peningkatan kwalitas sunber daya manusia di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan.
  5. Pemantauan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan.
  6. Pelaksanaan administrasi Dinas Ketahanan Pangan.
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati.